4 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami yang Harus Kamu Ketahui

4 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami yang Harus Kamu Ketahui

Cara Mengobati Asam Urat – Penyakit asam urat merupakan suatu jenis penyakit yang seringkali terjadi pada manusia. Penyakit ini muncul dikarenakan penumpukan kadar lemak jahat yang terdapat di dalam tubuh, sehingga terika dengan beberapa anggota tubuh tertentu dengan zat purin.

Anggota tubuh yang terikat itu terutama yaitu persendian. Ikatan ini mengakibatkan rasa sakit serta nyeri bagi penderitanya. Disamping itu, akan muncul pembengkakan di penderita asam urat yang disebabkan tumpukan lemak ini.

Pengobatan asam urat bisa dijalankan melalui beragam macam cara. Salah satu cara dari sekian banyak pengobatan asam urat yaitu dengan memakai zat atau kandungan alami. Penanganan secara alami terhadap asam urat mempunyai keunggulan di dalam perihal kealamian bahan.

Maka dari itu, berikut ini beberapa cara mengobati asam urat dengan menggunakan bahan alami, yaitu sebagai berikut.

1. Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak

tanaman obat asam urat
http://familinia.com

Di dalam perihal kandungan gizi, sirsak mempunyai banyak kandungan nutrisi. Buah yang beratnya dapat mencapai berat sampai 2,5 kilogram ini mempunyai kandungan utama karbohidrat, terutama fruktosa arau gula buah. Disamping itu buah sirsak kaya akan kandungan berbagai macam vitamin, diantaranya yaitu lysine, kalsium, kalium, vitamin B2,vitamin B1 dan vitamin C.

Dengan berbagai kandungan gizi yang cukup banyak, masyarakat pun beramai-ramai di dalam mempraktekkan cara mengobati asam urat dengan daun sirsak. Selain digunakan untuk orang biasa, buah sirsak pun sangat bermanfaat untuk penyembuhan asam urat bagi ibu hamil.

Bahan serta kandungan alami yang terdapat di dalam buah sirsak sangat baik untuk ibu hamil sehingga cara tersebut dinilai lebih aman dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Asam Urat

Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak haruslah dipelajari bagaimana cara pembuatan serta pengolahannya. Tahu akan cara pembuatan dan pengolahan ramuan ataupun obat dari daun sirsak sangatlah penting sifatnya.

Bila Anda tak tahu praktik cara mengobati asam urat dengan daun sirsak makan Anda tak akan memperoleh khasiatnya. Dan sebaliknya, Anda justru dapat memperoleh hal buruk dari olahan daun sirsak yang salah dalam pengolahannya.

Terdapat beberapa hal penting yang terkait pemanfaatan daun sirsak yang dipakai untuk obat asam urat. Dan sebagian besar, pengolahan daun sirsak digunakan sebagai obat asam urat dilakukan dengan cara merebusnya. Tetapi, dalam hal merebus daun sirsak tak boleh sembarangan.

Merebus daun sirsak dengan waktu yang cukup lama bisa merusak nutrisi serta kandungan di dalam daun sirsak tersebut. Bila Anda memasak daun sirsak dengan waktu yang lama maka Anda akan mendapati sebuah ekstrak rebusan daun sirsak yang tak terdapat nutrisi di dalamnya.

Pengolahan ataupun cara merebus daun sirsak haruslah lebih diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa langkah di dalam pengolahan daun sirsak yang dipergunakan untuk obat asam urat yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan daun sirsak kurang lebih 3 hingga 10 lembar sesuai dengan keperluan pengobatan Anda. Lebih baik pilih daun sirsak yang tua dikarenakan khasiatnya akan lebih baik dibandingkan daun sirsak yang muda.
  • Bersihkan daun sirsak dengan memakai air hangat yang dialirkan sehingga dapat mengurangi potensi masuknya bakteri jahat di daun sirsak.
  • Persiapkan air yang telah dimasukkan ke sebuah panci sekitar 300 ml serta masukkan daun-daun sirsak yang sudah disiapkan di dalamnya.
  • Rebuslah daun sirsak kurang lebih selama 15 menit.
  • Apabila air daun sirsak tersebut sudah menguap sebanyak 80% atau hanya tersisa kurang lebih 1 gelas. Maka angkatlah rebuasan air tersebut dan tuangkan di dalam wadah ataupun gelas.
  • Minumlah air rebusan daun sirsak tersebut sesudah hangat sebagai obat asam urat sekitar 2 kali sehari.
  • Jika Anda ingin menambahkan madu murni, silahkan masukan ketika esktrak daun sirsak masih hangat agar menambah rasa dan manfaat dari hasil rebusan daun sirsak tersebut.

2. Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor

jenis tanaman obat asam urat
familinia.com

Pemanfaatan daun untuk mengobati asam urat telah dijalankan sejak lama. Pengobatan asam urat dengan cara ini adalah salah satu dari sekian banyak pilihan pengobatan untuk penyakit asam urat. Cara ini adalah cara alami di dalam mengobati asam urat. Cara alami ini lebih terjamin untuk keamanannya sehingga Anda tak harus ragu akan manfaat daun kelor di dalam mengobati asam urat.

Sebelum memasuki pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan daun kelor, Anda harus perhatikan terlebih dahulu beberapa hal. Hal-hal ini perlu mendapatkan perhatian dengan baik oleh Anda dikarenakan dapat berdampak terhadap kualitas khasiat daun kelor di dalam mengatasi asam urat. Beberapa hal tersebut diantaranya:

  • Gunakan perkakas atau alat yang steril atau bersih dalam mengolah daun kelor, sehingga tak ada bakteri jahat yang terolah.
  • Menjaga kandungan yang penting untuk menurunkan inflamasi bagi penderita asam urat yaitu zat colchicin yang memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Jagalah kesegaran serta kandungan zat flabonoid dan alkaloid di daun kelor. Kedua kandungan itu adalah kandungan yang penting untuk peran daun kelor di dalam mengatasi rasa sakit di penderita asam urat.

Dan kami akan membagikan 3 cara pengolahan daun kelor untuk mengobati asam urat, yaitu sebagai berikut:

Cara Pengolahan Daun Kelor Dijadikan Serbuk Kering

Pengolahan daun kelor untuk media pengobatan bagi penderita asam urat bisa dipraktekan dengan beragam cara yaitu salah satunya dengan menjadikan daun kelor menjadi serbuk kering. Berikut cara pengolahannya, yaitu diantaranya:

  1. Menyiapkan daun kelor yang sesuai dengan keperluan Anda di dalam mengobati asam urat.
  2. Gunakan air hangat untuk membersihkan daun kelor, tapi dengan air mengalir.
  3. Setelah itu, jemurlah daun kelor sampai kering.
  4. Sesudah kering, tumbuklah sampai halus daun kelor memakai penumbuk yang sudah dibersihkan.
  5. Saringlah serbuk daun kelor yang sudah ditumbuk tadi agar mendapatkan serbuk terhalus.
  6. Simpanlah di tempat yang jauh dari sinar matahari dan tertutup.
  7. Serbuk kelor yang sudah dihaluskan telah siap dimakan dengan minuman atau makanan lainnya.

Cara Pengolahan Daun Kelor Dijadikan Sayur

Cara mengolah kelor menjadi sayur cukuplah mudah dan sederhana. Bagi Anda yang terbiasa memasak macam-macam sayuran lainnya pastilah akan sangat mudah di dalam mempelajarinya. Berikut ini beberapa bahan yang harus disiapkan dalam membuat sayur daun kelor,

  • Garam serta gula secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Batang serai yang sudah dihancurkan.
  • Bawang merah kurang lebih sebanyak 2 siung.
  • Daun kelor sesuai keperluan, tetapi disarankan sediakan 1 baskom.

Sesudah bahan-bahan telah terkumpul, maka daun kelor telah bisa dimasak. Pertama-tama rebuslah air sampai mendidih serta masukkan bumbu utama, ialah batang serai dan bawang putih yang sudah dihaluskan.

Anda perlu mengaduk air serta bumbu itu sampai tercium aroma harum. Bila sudah, masukkan daun kelor ke masakan serta aduk sampai layu, Anda harus menambahkan garam serta gula sebagai pengatur rasa masakan.

Masakan sayur kelor bisa anda nikmati bersama lauk-pauk lainnya yang sehat atau bersama nasi. Agar terhindar dari penyakit asam urat, Anda haruslah memakan makanan sehat. Dan jangan lupa meminum air putih di dalam menu makanan yang Anda makan dalam upaya pengoptimalan metabolisme di dalam tubuh Anda.

Cara Pengolahan Daun Kelor Dijadikan Obat Oles

Pemakaian daun kelor sebagai obat asam urat pun bisa dilakukan dengan cara olesan ataupun obat luar. Pemakaian daun kelor untuk obat luar ini pun berfungsi meringankan gejala asam urat, terutama nyeri serta inflamasi ataupun pembengkakan.

Cara mengolah daun kelor untuk mengobati inflamasi serta nyeri bisa dikombinasikan dengan kapur sirih. Pemanfaatan bahan ini berguna memperkuat dari efek daun kelor di dalam menurunkan rasa sakit serta nyeri yang diakibatkan asam urat.

Berbagai bahan serta cara mengolah daun kelor sebagai obat oles untuk rasa nyeri yang disebabkan asam urat yaitu diantaranya:

  • Menyiapkan daun kelor seminimal-minimalnya 3 tangkai serta 1/2 batang kapur sirih;
  • Menghaluskan kedua bahan itu sampai tercampur dan terlumat dengan baik;
  • Bersihkanlah bagian yang mengalami bengkak dan nyeri;
  • Dan oleskan hasil olahan daun kelor serta kapur siri di bagian yang sakit sebanyak 2 kali tiap harinya.

Daun kelor ini sudah dikenal manfaatnya untuk mengobati asam urat dan telah lama dilakukan oleh masyarakat saat ini. Anda bisa mencobanya di rumah, sehingga bisa menjadi pengobatan asam urat untuk Anda dan keluarga tanpa memerlukan biaya yang cukup mahal.

3. Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam

obat herbal asam urat
meramuda.com

Memakai daun salam untuk pengobatan alternatif dalam menurunkan kadar asam urat tak jauh berbeda dengan mengkonsumsi obat generic atau allopurinol yang populer serta banyak sekali dipakai oleh mereka yang mempunyai kandungan asam urat yang berlebihan.

Artikel Lain: Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Hasil penelitian pun menyatakan bahwa daun salam mempunyai manfaat yang lebih baik daripada obat herbal lainnya yang hanya berguna sebagai analgesik dan anti-inflamasi bukannya penghambat di dalam pembentukan asam urat kembali.

Kandungan yang berada di daun salam, diantaranya yaitu:

  • Vitamin C dan A;
  • Asam laurat, yang merupakan kandungan kimia asam yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami di dalam mengusir serangga;
  • Flavonoid, dapat mengatasi darah hipertensi kembali semula atau normal;
  • Fitonutrien, asam caffeic, salisilat, dan rutin merupakan kandungan yang dapat membantu di dalam mencegah asam urat, stroke, kanker dan kesehatan jantung;
  • Daun salam yang kaya akan antioksidan dapat membantu di dalam mengatasi beberapa penyakit, khususnya asam urat;

Cara Pengolahan Daun Salam untuk Penyakit Asam Urat

Disamping dengan cara pengobatan medis, Anda dapat mempraktekan pengobatan tradisioan dengan berbagai bahan alami yang mudah diperoleh. Berikut ini beberapa cara pengolahan daun salam untuk mengobati asam urat

Cara Mengolah Daun Salam dengan Direbus

Bahan:

  • Siapkan beberapa daun salam sesuai keperluan;
  • Air yang digunakan untuk merebus daun salam;

Cara Mengelola:

  • Cucilah daun salam hingga bersih;
  • Rebuslah daun salam dengan air hingga kurang lebih 15 menit;
  • Air rebusan daun salam pun siap untuk disajikan;

Konsumsilah rebusan daun salam kurang lebih 2 kali setiap hari, sehingga dapat mengatasi untuk menurunkan kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh.

Cara Pengolahan Daun Salam dengan Campuran Alpukat

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan yaitu:

  • Madu
  • Air matang
  • Buah alpukat yang telah matang tentunya
  • Daun salam sesuai yang dibutuhkan dan tentunya yang segar.

Cara mengelola daun salam dengan campuran daun alpukat

  • Rebus terlebih dahulu daun salam dengan segelas air matang
  • Beri campuran alpukat di rebusan daun salam
  • Beri campuran lagi satu sendok madu di campuran daun salam serta alpukat.
  • Lalu diblender seluruhnya hingga menjadi halus.
  • Jus untuk menurunkan asam urat pun siap dikonsumsi.

Cara Pengelolaan Daun Salam dengan Campuran Belimbing dan Apel

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Madu
  • 1 Buah belimbing yang telah matang
  • Hasil rebusan air daun salam
  • 1 Buah Apel

Cara mengolah daun salam dengan campuran belimbing dan apel

  • Potong belimbing dan apel
  • Beri campuran air rebusan daun salam
  • Beri tambahan satu sendok madu
  • Blender seluruh bahan hingga halus
  • Jus penurun asam urat pun telah siap untuk dikonsumsi

4. Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe

obat asam urat dan rematik
hellosehat.com

Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang sering kali dipakai untuk rempah-rempah serta pula sebagai pembuatan obat tradisional asam urat, disamping dapat dijadikan penghangat tubuh, jahe pun bisa dipakai sebagai obat alami untuk asam urat. Berikut ini beberapa cara mengolah jahe sebagai obat asam urat yang bisa dicoba di rumah.

Cara Mengolah Jahe Menjadi Minuman untuk Asam Urat

Agar bisa dijadikan jahe untuk pengobatan tradisional cukuplah mudah. Anda tinggal siapkan jahe lalu dipotong-potong, kemudian dicuci sampai bersih, lalu direbus sampai air mendidih, kemudian diamkan agar air rebusan tersisa satu gelas, lalu angkat serta tiriskan.

Beri tambahan sedikit madu di minuman jahe, selesai. Anda dapat mengkonsumsi minuman jahe dengan rutin supaya dapat mengurangi kandungan asam urat di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan sakit di persendian.

Cara Mengolah Jahe Menjadi Obat Oles dengan Campuran Cengkeh

Disamping populer dijadikan minuman, Anda pun dapat menjadikan jahe sebagai obat oles untuk asam urat. Siapkan 2 ruas cengkeh serta jahe, lalu tumbuk kedua bahan itu sampai halus. Hasil tumbukannya tersebut dapat Anda oleskan di bagian sendi yang sakit. Obat oles ini dapat meringankan asam urat di area persendian.

Cara Mengolah Jahe Menjadi Bahan Campuran Masakan

Ana pun dapat memberi campuran jahe di masakan untuk tujuan sebagai pembantu dalam mengobati asam urat. Artinya ketika Anda memasak, upayakan menu yang dibuat merupakan makanan rendah purin supaya tambahan jahe di makanan itu dapat bekerja dengan maksimal dan efektif. Bila Anda sedang menjalankan diet rendah purin, Anda dapat memberi campuran jahe di setiap menu yang akan dibuat.

Semua cara diatas merupakan ikhtiar kita sebagai manusia untuk bisa sembuh. Namun ada hal yang terpenting di dalam kesembuhan seorang manusia yaitu Ridhonya Allah SWT. Sebagaimana pun kita berusaha, jika Allah SWT tak Ridho, maka kesembuhan tak kunjung datang. Maka dari itu ikhtiar kita itu dibarengi dengan berdoa kepada Allah SWT. Karena semua usaha kita akan membawa hasil jika sudah mendapat Ridho-Nya.

Sekian pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan daun sirsak, daun kelor, daun salam dan jahe. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsor: Obat Asam Urat dan Kolesterol