10 Ciri-ciri Asam Urat di Kaki dan Cara Pencegahannya

Ciri-ciri Asam Urat – Penyakit gout yang biasa populer dikenal dengan penyakit asam urat adalah sejenis penyakit yang akan menyerang di bagian persendian. Bagi penderita asa urat mereka pada umumnya akan merasakan rasa nyeri yang begitu hebat dibarengi dengan rasa panas yang tak bisa ditahan di bagian sendinya. Walaupun asam urat dapat dialami di area persendian, tetapi area yang sering kali merasakan sakit yaitu pada jari kaki, lutut serta pergelangannya.

Berikut ini sekilas beberapa penyebab asam urat di kaki, yaitu diantaranya:

  • Faktor usia yang umumnya akan terkena serangan asam urat itu pada orang yang sudah lanjut usia, yaitu kurang lebih usia 50 tahun keatas.
  • Terdapatnya faktor genetik yang berasal dari keturunan keluarga dekatnya ataupun orang tuanya.
  • Sedikit meminum air putih dalam kesehariannya.
  • Tidak sering melakukan aktivitas yang bergerak ataupun berolahraga.
  • Penumpukan purin yang terdapat pada darah serta tubuh yang semakin parah serta sulit untuk dapat diturunkan.
  • Ginjal menderita gangguan sehingga tak bisa mengolah serta mengeluarkan zat purin dengan baik.
  • Sangat sering dalam meminum alkohol, minuman bersoda dan nikotin.
  • Disebabkan pola hidup yang buruk serta mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin serta kolesterol yang berlebih.

Sebelum Anda melakukan penyembuhan dan pencegahan di dalam mengatasi asam urat. Sebaiknya, Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri asam urat di kaki. Sehingga ketika beberapa gejala ini muncul, Anda dapat dengan cepat mengatasinya. Dikarenakan banyak orang yang tak mengetahui ketika mereka merasakan sakit di bagian kaki ternyata mereka sedang menderita gejala asam urat pada kaki. Berikut beberapa ciri-ciri asam urat:

1. Sendi Terasa Bengkak

gejala asam urat dan kolesterol tinggi
autoimuncare.com/

Ciri-ciri asam urat yang pertama yaitu terdapatnya pembengkakan. Penumpukan asam urat serta kadarnya yang semakin tinggi di bagian sendi akan menjadi salah satu penyebab terjadinya pembengkakan di area persendian. Ini diakibatkan sebab asam urat diketahui telah menimbun di wilayah peredaran darah, sehingga masuklah di area sendi. Tetapi, pembengkakan ini bukanlah gejala awal sebab sendi hanya akan mulai membengkak ketika asam urat telah benar-benar parah.

2. Area Sendi Tampak Kemerahan

cara pengobatan asam urat
satujam.com

Rasa gatal dan jug panas bisa menjadi salah satu gejala awal di penyakit asam urat. Tetapi pada bagian sendi menjadi kemerahan pun perlu Anda waspadai sebagai salah satu gejala yang terbilang dominan. Merahnya area sendi kaki anda, akan tampak ketika gejala sebelumnya ialah rasa terbakar menyerang Anda. Hal ini pun menjadi salah satu ciri-ciri asam urat telah masuk ke tahap yang lebih serius.

3. Permukaan Kulit Terlihat Bersisik

gejala asam urat dan obatnya
linkedin.com

Gejala berikutnya yaitu pada bagian permukaan kulit Anda akan terasa dan terlihat bersisik, ini pun dapat menjadi gejala awal asam urat di kaki Anda. Jadi tak hanya rasa panas dan nyeri saja. Pada umumnya kulit yang bersisik akan dibarengi dengan rasa gatal yang tak tertahankan. Kondisi ini pun adalah salah satu ciri kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh semakin meningkat.

4. Area Sendi Kaki Mulai Terasa Kaku

ciri ciri rematik
alodokter.com

Ciri-ciri asam urat keempat yaitu ketika Anda sudah merasakan hal tak nyaman di bagian sendi. Gejala berikutnya yaitu Anda akan merasakan kaki tidak bisa digerakan dengan normal. Tak dapat menggerakan kaki dengan leluasa ini tidak ada hubungannya dengan rasa tak nyaman sebelumnya. Ketika Anda merasakan gejala ini, Anda perlu mengendalikan kadar asam urat yang masuk di dalam tubuh.

Bila penangananya tak segera diatasi serta terlambat ataupun Anda sengaja untuk mengabaikannya dikarenakan Anda kira rasa kaku itu akan bisa hilang dengan sendirinya maka hal itu merupakan suatu kesalahan yang besar. Dikarenakan bila dibiarkan malah akan semakin memperburuk kondisi Anda. Pada umumnya, diawal sendi akan bisa digerakan walaupun sedikit, namun lama-kelamaan akan sangat terasa kaku.

5. Sendi di Area Kaki Mulai Terasa Gatal

gejala asam urat pada kaki
southeastpod.com

Memang akan terasa sedikit aneh, bagaimana bisa persendian itu terasa gatal? Ketika sendi itu terasa panas, pada umumnya akan dibarengi dengan rasa gatal, lebih tepatnya gatal terjadi di jaringan permukaan kulit. Gejala awal yang seperti itu, pada umumnya tak terlalu diperhatikan dan biasanya banyak orang yang hanya menganggap seperti gatal biasa.

Kulit yang terasa gatal tersebut semakin lama akan berkembang menjadi kulit sendi yang juga semakin mengeras. Hal ini adalah suatu petunjuk bagi Anda supaya bisa tahu bahwasanya kadar asam urat di dalam tubuh Anda mulai meningkat. Ketika kadarnya sudah tak terkendali, gejala akan semakin buruk serta pada akhirnya akan mulai menyebar di seluruh bagian persendian di sekelilingnya.

6. Mengalami Rasa Sakit di Area Jempol Kaki

bahaya asam urat
ahlinyaasamurat.com

Apa Anda sering merasakan sakit di area jempol kaki? Ada baiknya Anda waspada dikarenakan bisa jadi hal ini adalah tanda awal karena diakibatkan kadar asam urat di dalam tubuh yang begitu tinggi. Rasa sakit ini pada umumnya terjadi di malam hari, sehingga Anda aka merasakan sulit untuk beristirahat degan baik. Bahkan rasa sakit yang dirasakan, dapat menimbulkan perubahan emosi di diri Anda.

Artikel Lain: Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami yang Harus Kamu Ketahui

Penderita yang mengalami gejala sakit di area jempol kaki akan merasakan sulit ketika menggerakan jempolnya. Tubuhnya pun akan terasa semakin melemah. Apabila Anda sering sekali mendapati gejala sakit di jempol, ada baiknya dilakukan pemeriksaan di dokter, dikarenakan kemungkinan besar itu ialah suatu tanda yang menunjukan kadar asam yang sedang meningkat di dalam tubuh.

7. Kaki Terasa Terbakar

pencegahan asam urat
halodokter.com

Disamping mengalami rasa nyeri, Anda pun akan merasakan kaki itu seperti terbakar atau secara tiba-tiba kaki terasa panas. Hal ini dikarenakan terdapatnya kadar asam urat di dalam tubuh yang semakin tinggi serta tersimpan dalam darah, sehingga rasa panas yang akan muncul dan terus menjalar pada bagian kaki.

Umumnya bagian jempol kaki lah akan pertama merasakan rasa sakit, lalu secara perlahan akan menyebar ke semua bagian kaki. Banyak orang yang mengalami rasa panas di kaki akan kekurangan waktu tidurnya dikarenakan tak dapat menahan rasa panas serta nyeri secara berbarengan.

8. Area Sendi Akan Terasa Seperti Kesemutan

ciri ciri asam urat di kaki
pakarasamurat.com

Disamping mendapat rasa nyeri di area persendian kaki, Anda pun akan terasa kesemutan di area sandi. Bila umumnya kesemutan itu terjadi dikarenakan Anda berada di posisi yang sama di dalam waktu yang terbilang alam, sehingga akan mengakibatkan terdapatnya peredaran darah yang tak lancar.

Tetapi kali ini, Anda akan merasakan kesemutan dikarenakan kadar asam urat yang terdapat di dalam darah itu semakin meningkat. Bahkan kesemutan pun dapat diakibatkan karena kondisi asam urat yang telah semakin meradang di area persendian.

9. Sendi Kaki Terasa Sangat Nyeri

cara mengobati asam urat tradisional
hellodokter.com

Gejala berikutnya yaitu Anda akan merasakan sakit atau nyeri di bagian persendian kaki. Hal ini umumnya sering menjadi keluhan para orang tua yang telah lanjut usia. Rasa sakit yang dirasakan biasanya muncul pada malam hari ataupun sesudah Anda bangun tidur. Nyeri yang dialami pun banyak ragamnya, sebagian orang beranggapan bahwa rasa nyeri tersebut ialah rematik.

Sebenarnya rasa nyeri itu timbul dikarenakan adanya penumpukan asam urat diarea sendi kakinya. Kenyataannya rasa sakitnya itu memanglah tidak jauh berbeda dengan rematik, sehingga sering kali penderita tak dapat membedakan rasa sakit diantara keduanya.

10. Area Persendian Terasa Tak Nyaman

gambar orang sakit asam urat
satujam.com

Ketika bagian sendi kaki Anda dirasakan tidak nyaman, khususnya di area lutut. Hal ini merupakan kondisi yang pada umumnya terjadi di awal gejala asam urat pada kaki. Rasa tak nyaman di area sendi ini memiliki potensi dapat terjadi ketika siang dan malam hari. Ketika tiba-tiba Anda dirasa bahwa area sendi kaki itu aneh dan tidak seperti biasa, sebaiknya Anda segera memeriksakan di dokter.

Pada umumnya hal ini yang bisa dirasakan yaitu area pergelangan kaki serta lutut sampai sulit untuk digerakkan, inilah yang menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Pada umumnya rasa tak nyaman di sendi akan berlangsung dan bertahan selama kurang lebih 3 hari keatas. Tetapi rasa tak nyaman itu dapat hilang dengan sendirinya.

Cara Pencegahan Asam Urat di Kaki

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah asam urat yang bisa Anda lakukan:

  • Konsumsilah makanan yang bisa menurunkan kandungan asam urat contohnya mentimun, delima, pir, apel, blueberry, strawberry, anggur dan masih banyak lagi.
  • Mulai meminum air putih sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh supaya kesehatan ginjal semakin membaik.
  • Mulailah secara rutin untuk olahraga ringan, tak harus yang berat. Anda dapat mulai dengan jalan sehat ataupun lari santai tiap harinya. Anda pun dapat melakukan olahraga ringan lainnya yang berkaitan tentang penguatan otot serta bagian persendian.
  • Anda dapat melakukan terapi, bisa memakai jus ataupun terapi dengan mempergunakan obat herbal semisal daun sirsak, kumis kucing, sambiloto dan daun salam.
  • Anda juga bisa memulai mengurangi asupan kolesterol dan purin, ataupun bisa dengan cara menghindari serta tak mengkonsumsinya.

Lakukanlah hal tersebut dengan teratur dan rutin supaya tak terserang penyakit asam urat. Itulah informasi tentang 10 ciri-ciri asam urat di kaki yang bisa Anda waspadai. Bila Anda mendapati gejala-gejala diatas, sebaiknya Anda mengkonsultasikan diri ke dokter. Dikarenakan bila didiamkan terlalu lama keadaannya dapat saja semakin buruk.

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri asam urat di kaki. Semoga dapat bermanfaat.

Sponsor: Ramuan Obat Asam Urat

2 thoughts on “10 Ciri-ciri Asam Urat di Kaki dan Cara Pencegahannya”

Comments are closed.