Daftar Menu Makanan Bayi 9 Bulan Buatan Sendiri Cepat dan Praktis

Makanan Bayi 9 Bulan – Dalam mempersiapkan makanan untuk anak bisa menjadi hal yang asyik dan juga menantang tak terkecuali di dalam menyiapkan makanan bayi 9 bulan. Di usia yang baru 9 bulan, bayi sangatlah eksploratif. Ia sudah mulai belajar berdiri, mulai posisi duduk sembari perlahan-lahan berjalan dengan keadaan merambat serta berpegangan dengan benda-benda yang menjadi tumpuannya.

Kemampuan motorik halusnya akan semakin meningkat, ciri-cirinya yaitu kemampuan sang buah hati di dalam menggenggam suatu benda memakai kedua tangannya. Terkadang benda yang digenggamnya itu dibolak-balikkan serta ditepukkan satu sama lain.

Di dalam kegiatan makannya pun, bayi tak kalah eksploratif. Untuk orang dewasa, bayi akan seperti memainkan makanan bayi yang telah dipersiapkan oleh kita sehingga kita menjadi tidak sabaran untuk langsung menyuapinya.

Tetapi ternyata hal tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak bagian dari perkembangan motorik halusnya. Pada umumnya ia akan menolak disuapi serta ingin memegang makanannya sendiri. Ia akan mencoba memindahkan makanan dari satu tangan ke tangan lainnya sebelum pada akhirnya dimasukkan ke mulutnya,

Contoh Menu Makanan Bayi 9 Bulan

cemilan bayi 9 bulan
pixabay.com

Di usia ini Anda bisa memperkenalkan makanan bayi melalui tekstur yang lebih kental ataupun padat guna melatih daya kemampuan mengunyah bayi, contohnya menu makanan nasi tim. Contoh dalam pengaturan menu misalnya bubur bayi untuk pagi harinya, nasi tim untuk siang serta sore hari serta camilan yang disisipkan di antara waktu-waktu itu sesuai pola aktivitas si buah hati.

Sajikanlah makanan yang bervariasi guna memenuhi kebutuhan nutrisi yang juga beragam. Pemberian karbohidrat tak harus terlalu banyak, dikarenakan asi sudah cukup sebagai pengganti karbohidrat. Anda bisa mencoba berikan gandum dikarenakan tinggi akan serat serta mineral tetapi di sisi yang lain rendah lemak.

Justru sangatlah penting untuk memperoleh nutrisi dari bahan-bahan makanan lainnya semisal telur, sayuran (contohnya kacang hijau, bayam, tomat, brokoli, ubi jalar, kacang polong dan wortel), buah serta protein hewani. Buah-buahan contohnya alpukat, mangga, pepaya, pir, pisang dan apel tak harus dikukus kembali. Cukup di potong saja serta pastikan irisan buah tersebut tak membuat tersendak si buah hait.

Berikut merupakan contoh menu nasi tim yang bisa menjadi referensi bagi Anda untuk dimasukkan ke dalam menu makanan bayi 9 bulan untuk harian si buah hati.

Nasi Tim Jamur

Anda memerlukan 1 sdm irisan daun bawang, 1/2 siung bawang putih, 1 sdm makan daging sapi, 4 buah jamur kancing segar, 400 ml air dan 4 sdm makan beras. Cucilah beras sampai bersih, lalu cincang sampai halus jamur kancing, bawang putih dan daging sapi.

Masaklah beras dengan air sembari sesekali diaduk sampai airnya terserap. Masukanlah irisan daun bawang, bawang putih, jamur dan daging sapi. Masaklah sampai daging sapi matang, kemudian angkat. Tuangkan nasi di dalam panti tim. Tim kurang lebih sekitar 30 menit ataupun sampai tekstur nasi menjadi lunak. Lalu angkat dan hidangkan di dalam piring saji.

Nasi Tim Brokoli Patin

Ada memerlukan 1 sdm bawang bombay, 40 gram fillet ikan patin, 30 gram brokoli, 400 ml air dan 4 sdm beras. Cucilah brokoli dan beras secara bersih. Potong brokoli kecil-kecil. Cincanglah secara fillet ikan patin serta bawang bombay. Masak bawang bombay, fillet ikan patin dan masak beras dengan air sampai airnya terserap.

Tambahkanlah brokoli, masak sebentar, kemudian airnya terserap. Tuanglah nasi di dalam panci tim. Tim kurang lebih 30 menit ataupun sampai tekstur nasi menjadi lunak serta seluruh bahan matang. Angkatlah kemudian masukkan di dalam piring saji. Nasi timb brokoli patin pun siap untuk dihidangkan.

Janganlah Beri Tambahan Bahan-bahan Berikut Ini di Dalam Makanan Bayi 9 Bulan

makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi
hellosehat.com

Di umur 9 bulan ini, tujuan utama yaitu membiasakan bayi agar terbiasa akan makanan padat. Menginjak usia 9 bulan, si buah hati sedang asyik-asyiknya mencoba hal baru, termasuk beragam jenis makanan baru, dan ia pun tak sabar menunggu makanan baru apa yang akan dipersiapkan oleh Anda. Namun, terdapat bahan-bahan yang belum waktunya dikonsumsi oleh bayi, yaitu sebagai berikut:

Gula garam

resep makanan bayi 9 bulan penambah berat badan
hallosehat.com

Garam tak harus ditambahkan di makanan bayi 9 bulan. Tekanan darah bayi bisa meningkat jika pertama bayi mengkonsumsi garam yang ada di makanannya. Dampak itu bisa jadi berlangsung dalam waktu yang lama. Sementara itu, ginjal yang berumur di bawah 1 tahun belum bisa memprosesnya. Anda tak harus menambahkan garam di makanan bayi, dikarenakan dalam beberapa bahan makanan semisalnya daging, sayur dan kacang-kacangan terdapat kandungan garam alami yang diperlukan bayi.

Bagi bayi usia 6-12 bulan, garam hanyalah diizinkan diberikan sebesar 1 gram dengan 0,4 gram natrium setiap harinya. Sama seperti dengan garam, gula tak dianjurkan untuk diberikan pada bayi yang berada di usia 1 tahun ke  bawah dikarenakan bisa merusak gigi serta mengakibatkan kegemukan serta diabetes di kemudian hari nantinya.

Telur Setengah Matang

menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi
pixabay.com

Pastikanlah telur dimasak dengan matang sampai bagian putih dan kuningnya mengeras. Memasak telur sampai matang itu berguna agar bakteri yang terdapat pada telur itu benar-benar mati, yang mana bakteri ini pada umumnya tak terlalu berbahaya bagi orang dewasa di jumlah terbatas.

Jenis-jenis Ikan Tertentu

resep mpasi 9 bulan penambah berat badan
blogspot.com

Tunda untuk memberikan bayi itu makanan yang mengandung ikan, Contohnya ikan marlin, cucut dan hiu dikarenakan bisa jadi terdapat kandungan merkuri yang bisa memberikan pengaruh sistem saraf bayi. Dan juga hindari pula memberikan kerang bagi bayi Anda supaya mengurangi resiko keracunan.

Madu

makanan-sehat-untuk-bayi-9-bulan
artikel.co

Madu tak dianjurkan untuk diberikan hingga bayi seminimal-minimalnya berumur 1 tahun dikarenakan memiliki kandungan bakteri yang bisa merusak usu bayi Anda, Kandungan gulanya pun tak baik untuk gigi bayi yang baru saja tumbuh.

Ingatlah Prinsip Memperkenalkan Makanan Padat Bagi Bayi

cara membuat nasi tim untuk bayi 9-12 bulan
pexel.com

Nutrisi itu memberikan pengaruh sangat besar untuk perkembangan dan pertumbuhan si bayi. Nutrisi pun memiliki peranan penting dalam membangun kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu persiapkan makanan bagi bayi, hal tersebut memerlukan ketelatenan serta tak boleh sembarangan.

Bayi Anda kini telah berumur 9 bulan, pastinya Anda telah terbiasa dengan tahapan pengenalan makanan padat bagi bayi. Namun, untuk mengingatkan kembali, marilah kita simak beberapa prinsip pengenalan makanan padat tersebut, yaitu sebagai berikut:

Pemberian Asi Tetapi Dilanjutkan

tekstur makanan bayi 9 bulan
500pxl.com

Sesuai dengan namanya, makanan padat yang Anda berikan di dalam menu makanan bayi Anda bukanlah sebagai pengganti ASI. Anda pastinya belajar di dalam memberikan makanan bayi 9 bulan, bahwa bayi pun masih belum bisa langsung memakan banyak makanan padat. Disamping itu dikarenakan bayi menyesuaikan diri dengan tekstur makanan, bayi pun masih belajar agar terbiasa dengan alat makan semisal mangkok, sendok dan sebagainya.

Berikan Beragam Jenis Makanan Secara Satu Persatu

variasi mpasi 9 bulan
pixabay.com

Cobalah perkenalkan satu jenis makanan di satu waktu, agar bisa melihat reaksi pada bayi Anda. Dalam menyiapkan makanan bayi 9 bulan ini tentunya kurang lebih Anda paham, apakah buah hati anda sukai akan makanan tertentu? Apa anak Anda akan menolaknya? Apa akan menimbulkan reaksi semacam alergi makanan? Bila bayi Anda tak mau mengkonsumsi satu jenis makanan, Anda dapat mencobanya kembali di lain waktu. Bila Anda berpikir bahwasanya bayi Anda menunjukkan pertanda alergi makanan, beritahulah dokter Anda.

Jadikan Makan Sebagai Suatu Aktivitas yang Mengasyikan

biskuit untuk bayi 9 bulan
pixabay.com

Jangan sampai di dalam proses memperkenalkan makanan tersebut menjadikan buah hati Anda trauma. Perhatikan dengan benar respon si bayi. Bila bayi Anda mulai menangis, memuntahkan makanan dari mulutnya, menutup bibir, berpaling, tampak ogah-ogahan atau memukul sendok. Mungkin itu merupakan suatu pertanda bahwasanya si buah hati ingin berhenti makan. Anda tak harus memaksakannya. Justru hal tersebut akan menjadi sebuah pelajaran untuk si buah hati Anda dalam makan saat ia lapar serta berhenti ketika kenyang.

Seperti yang sudah dibahas di atas, umur 9 bulan merupakan suatu masa dimana bayi Anda ‘menjelajah dunia. Tak heran bila ia makan dengan keadaan ‘berserakan’. Bukannya merasa jengkel, Anda harus yakinkan diri bahwasanya ini merupakan sebuah pengalaman yang baik bagi sang bayi. Taruh alas di sekitaran bayi untuk menampung makanan yang telah jatuh dan juga dipakaiannya agar meminimalisir kotoran. Sabarlah, dikarenakan fase ini tidak akan bertahan selamanya.

Sekian pembahasan tentang makanan bayi 9 bulan. Selamat dalam menyiapkan makanan untuk sang buah hati Anda serta nikmati terus asyiknya makan bersama dengan si buah hati.

Leave a Comment