Waspadalah Asam Urat Menghantuimu..!!!

Apabila Tidak Segera Diobati Akan Buruk untuk Kesehatan Tubuh Anda

Asam urat ialah suatu keadaan yang bisa menimbulkan pertanda nyeri yang tak tertahankan oleh seseorang, rasa panas serta pembengkakan di persendian. Asam urat oleh banyak orang dianggap penyakit yang tidak berat, dimana pada umumnya orang beranggapan bahwa asam urat tergolong penyakit yang bisa dengan mudah untuk disembuhkan. Kondisi ini disebabkan gejala awal dari asam urat hanyalah rasa nyeri, tetapi rasa nyeri itu bisa dhilang dengan sendirinya walaupun tidak ada perawatan yang dilakukan. Kenyataannya bila tidak ditangani dengan tidak adanya pengobatan, mungkin bahaya asam urat dapat mengancam Anda.

penyakit asam urat penyakit asam urat

Apakah Anda Tahu Bahaya dari Penyakit Asam Urat?

Bahaya penyakit asam urat yang mengincar Anda yaitu rasa sakit khususnya di area persendian, dan terutama di bagian lutut dan jari kaki. Pada level penyakit yang tergolong masih rendah, rasa nyeri itu biasanya timbul saat pagi hari ketika bangun dari tidur, lalu rasa nyeri itu akan hilang bersamaan dengan orang itu melaksanakan kegiatan harian yang cukup banyak. Namun Anda wajib mengingatnya bila asam urat dapat berkembang, dan ketahui pula bahwasanya bahaya asam urat pada saat kadar asam urat di dalam darah telah begitu tinggi pada kurun waktu yang terbilang cukup lama.

gejala penyakit asam urat

ciri-ciri asam urat

Kenapa Sendi Bisa Terasa Nyeri Pada Saat Seseorang Terkena Asam Urat?

Hal tersebut dikarenakan terbentuknya kristal-kristal urat yang disebabkan endapan dari asam urat yang terkumpul cukup tinggi. Bila ditangani dan diabaikan secara terus-menerus, maka kristal tersebut akan semakin membesar, hingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah sendi yang parah. Keadaan ini pada umumnya ditandai dengan adanya pembengkakan yang berwarna kemerahaan, hal tersebut akan terasa sakit sekali bagi si penderita. Seseorang yang menderita asam urat dapat dirasakan dengan beberapa tanda yaitu kesadaran hilang, nafas yang tersengal-sengal, lemas dan pusing kapala

Segera Obati Asam Urat Dengan Obat yang Tepat...!!!

Obati Rematic dan Asam Urat dengan Maderic

Kenapa Harus Memilih MadeRic?

  • Kapsul MadeRic dibuat sudah sesuai dengan standart CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), SNI dan GMP.
  • Dibuat dengan proses bioteknologi Nano, kandungan herbal yang ada di dalam kapsul MadeRic, maka tubuh akan mudah menyerapnya serta langsung masuk menuju pembuluh darah.
  • Telah Lolos Uji Toksisitas dari Pusat Studi Biofarmaka yang berada di Institut Pertanian Bogor.
  • Sudah memiliki sertifikat Halal dan POM (POM TR 073 372 041).
  • MadeRic diramu oleh Ning Harmanto yang merupakan pakar herbal yang sudah berpengalaman sekitar lebih 13 tahun sehingga hasil ramuannya sudah tak diragukan lagi.
asam-12

Ibu Ning Harmanto Ketika Bersama dengan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Ke-6 RI (Periode 2004 - 2014)

asam-1

Ibu Ning Harmanto ketika bersama dengan Ibu Dewi Motik penggagas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) sekaligus pengusaha

MadeRic adalah jamu tradisional yang diramu dari 5 tumbuhan ajaib yang dapat menaklukan asam urat serta rematik

asam-urat-2

Mahkota Dewi

Mahkota dewa yang mempunyai kandungan anti hiperurisemia yang sudah terbukti bisa menurunkan asam urat yang disebabkan induksi purin tinggi

asam-urat-3

Daun Alpukat

Daun alpukat sebagai Analgesic atau anti radang. Dikarenakan penderita asam urat biasanya mengalami peradangan di bagian persendian

asam-urat-4

Sidaguri

Sidaguri yang berkhasiat menghambat enzim yang terdapat di dalam tubuh kita yang memiliki fungsi untuk mengubah purin menjadi asam urat atau Enzim Xantin Oksidase.

asam-urat-5

Umbi Daun Dewa

Umbi daun dewa mempunyai fungsi untuk mengurai gumpalan kristal asam urat.

asam-urat-1

Pegagan

Pegagan berfungsi untuk melancarkan peredaran darah

Seluruh kandungan herbal itu didukung dengan teknologi nano yang berguna untuk memperkecil pertikel dari hasil olahan herbal itu menjadi lebih halus sehingga menjadikan hebal mudah sekali diserap tubuh, maka Anda dapat merasakan khasiatnya dengan cepat

Pada umumnya kadar asam urat akan turun 1 sampai 5 hari. Tetapi kondisi itu akan berbeda pada setiap orangnya. Bila penderita sudah meminum obat medis serta makan berlebihan penyebab rematik dan asam urat dalam waktu yan cukup lama, kemungkinan besar turunnya akan cenderung lebih lama. Bila tidak terlalu lama dan asupan makanan penyebab rematik dan asam urat rendah, turunnya akan lebih cepat.

Efek yang diperoleh sesudah minum Herbal Maderic Obat Asam Urat  

  • Tubuh lebih terasa ringan
  • Rasa pegal pada sendi akan segera berangsur hilang
  • Selang beberapa waktu sesudah minum Maderic rasa sakit pada daerah sendi akan kunjung hilang juga.

Sudah banyak orang yang telah merasakan manfaatnya,
tunggu apa lagi !!!

Disclaimer : hasil setiap orang berbeda. Tergantung pola hidup, pola makan dan lain lain

Cara Penggunaan MadeRic Obat Asam Urat dan Rematik

Minum 1 x 1 kapsul satu hari
Maksimum Minum 3 x 1 kapsul satu hari

Untuk mempercepat kahasiat dari Maderic yaitu memperbanyak minum air putih secara rutin dan teratur

Telah terbukti bisa mengobati Asam Urat dan Rematik,
Pesan Sekarang juga !!!

PESAN SEKARANG JUGA

PROMO

1 Botol: Rp. 150.000,-
2 Botol: Rp. 290.000,-
3 Botol: Rp. 430.000,-

BELI 2-3 BOTOL, GRATIS ONGKIR AREA JABODETABEK

SMS / WhatsApp
0881-744-6718

Cukup sentuh nomor di atas untuk menghubungi.

Sudah banyak orang yang telah merasakan manfaatnya,
tunggu apa lagi !!!

Disclaimer : hasil setiap orang berbeda. Tergantung pola hidup, pola makan dan lain lain

PESAN SEKARANG JUGA

PROMO

1 Botol: Rp. 150.000,-
2 Botol: Rp. 290.000,-
3 Botol: Rp. 430.000,-

BELI 2-3 BOTOL, GRATIS ONGKIR AREA JABODETABEK

SMS / WhatsApp
0881-744-6718

Cukup sentuh nomor di atas untuk menghubungi.

Kepuasan Anda Merupakan Prioritas Kami
100% Dijamin Barang Sampi ke Tujuan

Artikel Edukasi

Penyakit Asam Urat - Penyebab, Gejala dan Mengobati

Tonton Video dr. Sung Tentang Penyebab Asam Urat

 Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat atau juga biasa disebut dengan gout yaitu suatu kondisi yang bisa mengakibatkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan serta rasa panas di area persendian. Walaupun seluruh sendi di tubuh dapat terkena asam urat, tetapi yang seringkali terkena yaitu sendi jari kaki, pergelangan tangan dan sendi jari tangan.

Pria itu lebih rawan terserang penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan khususnya pada saat usia mereka berkisar di atas 30 tahun. Bagi wanita, penyakit ini pada umumnya dapat terkena itu setelah masa menopause.

Bagi penderita yang terserang penyakit asam urat pada umumnya akan merasakan perkembangan gejala yang cukup cepat, mungkin terbilang dalam beberapa jam pertama. Rasa sakitnya itu dapat berlangsung kurang lebih 3 hingga 10 hari.

Pembengkakan tak hanya terjadi di persendian, tetapi juga di area sekitar sendi yang dibarengi dengan kulit yang memerah. Di tahap ini, penderita tidak dapat bergerak secara leluasa.

Di Indonesia sendiri, tidak sedikit orang yang menyamakan asam urat dengan rematik. Padahal sebenarnya rematik itu istilah umum yang sering dipakai untuk memberikan gambaran rasa sakit di persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyakit asam urat itu hanyalah salah satu penyebab nyeri di persendian. Mengenai gejala serta tanda asam urat bisa membantu seseorang di dalam membedakan dengan nyeri sendi yang diakibatkan oleh kondisi lain.

Tidak sedikit orang yang mengira bila kadar asam urat di dalam darah itu tinggi, maka akan terserang penyakit ini. Hal tidaklah benar, karena hanya pada kenyataannya sekitar 1/3 penderita yang kadar asam uratnya cukup tinggi yang menderita penyakit asam urat.

Gejala Penyakit Asam Urat

Sendi yang secara mendadak terasa sangat sakit khususnya sendi jempol kaki adalah satu penyakit asam urat yang sering terjadi. Sering kali para penderita asam urat ini kesulitan dalam berjalan yang diakibatkan rasa sakit yang cukup mengganggu. Walaupun bisa muncul kapan saja, tetapi sering kali gejala biasanya lebih terasa pada malam hari.

Tak hanya sendi jempol kaki saja, namun sendi-sendi lain yang terletak di ujung anggota badan pun sangat rentan terserang penyakit asam urat. Misalnya yaitu sendi siku, jari-jari tangan, lutut, telapak kaki tengah, dan pergelangan tangan.

Pada umumnya nyeri itu berkembang dengan cepat dalam tempo beberapa jam saja. Nyeri hebat ini akan disertai dengan pembengkakan, rasa panas dan munculnya warna kemerahan di kulit yang melapisi sendi.

Serangan asam urat biasanya berlangsung kerang lebih 3 sampai 10 hari. Ketika gejala mereda serta bengkak mengempis, kulit di area sendi yang terkena akan terlihat bersisik, terkelupas serta terasa gatal. Walaupun serangan dapat bisa reda dengan sendirinya, tetapi kondisi seperti ini tak boleh dianggap remeh atau diabaikan.

Pengobatan harus dilakukan, antara lain untuk bisa mencegah resiko kambuh dengan tingkat keparahan gejala yang semakin meningkat, risiko penyebaran ke sendi-sendi yang lain serta risiko kerusakan secara permanen di sendi.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penumpukan asam urat di dalam sendi merupakan penyebab penyakit asam urat. Asam urat sejatinya adalah limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang terdapat di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asa urat itu dibuang melalui ginjal berbentuk urine serta sebagian kecilnya dibuang melalui pencernaan yang berbentuk tinja.

Bila asam urat yang dibuang dari tubuh itu jauh lebih sedikit dari jumlah yang telah diproduksi, maka asam urat akan menumpuk serta membentuk kristal yang tajam natrium urat yang memiliki ukuran mikro yang selanjutnya akan bermuara di dalam sendi ataupun di sekeliling jaringan sendiri.

Pada saat kristal tajam itu masuk ke ruangan persendian serta mengganggu lapisan sendi, maka akan terjadi peradangan yang akan terasa begitu sakit.

Terdapat beberapa faktor yang dapa memicu naiknya kadar asam urat yang terdapat dalam darah, salah satunya yaitu makanan yang memiliki zat purin tinggi yang dapat dikonsumsi. Beberapa contoh makanan itu yaitu daging merah (kerbau, kambing, sapi), hidangan laut (ikan makarel, ikan teri, kepiting, kerang-kerangan) dan jeroan hewan (jantung, hati, ginjal).

Di samping makanan, Anda pun bisa beresiko mengalami penumpukan asam urat pada darah bila mengonsumsi minuman manik, baik itu gula buatan atau alami serta meminum minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan.

Resiko terserang penyakit asam urat pun tinggi untuk orang-orang yang sedang menjalani pengobatan memakai obat-obatan jenis tertentu, contohnya obat-otaban kemoterapi, diuretik, sislosporin, obat penghambat beta, aspirin dan niacin.

Sedangkan bila ditinjau sebagai bentuk komplikasi, penyakit asam urat itu memiliki resiko yang cukup tinggi bagi para penderitaa penyakit sindrom metabolisme, psoriasis, osteoarhtritis, kolesterol tinggi, obesitas, hipertensi, diabetes dan ginjal kronik.

Terlepas dari ke-4 faktor pemicu diatas, penyakit asam urat pun diduga masuk dalam kelompok penyakit turunan alias penyakit genetik. Ini artinya mereka yang mempunyai anggota keluarga yang memiliki riwayat asam urat itu memiliki resiko untuk menderita kondisi yang sama. Berdasarkan penelitian, propori dari resiko ini yaitu kurang lebih 20%.

Jumlah perempuan itu lebih sedikit yang terkena penyakit asam urat dibandingkan laki-laki, mungkin memiliki kaitannya dengan kondisi menopause. Sesudah perempuan mengalami namanya menopause, kadar asam urat bisa meningkat serta mulai akan terasa beberapa gejala asam urat.

Terlepas dari beberapa faktor di atas, terdapat pula sebagian orang yang mempunyai kadar asam urat yang cukup tinggi di dalam darahnya, tetapi tak dijumpai pembentukan kristal-kristal natrium urat di sendi-sendinya.

Disamping itu, di antara sebagian orang yang mempunyai kadar asam urat yang sama pun, tingkat kerentanan mereka memiliki perbedaan. Mengenai hal itu, hingga saat ini belum terdapat penjelasan yang pasti.

Diagnosis Penyakit Asam Urat

Datangi dokter apabila Anda merasakan gejala asam urat walaupun sering kali reda dengan sendirinya. Upaya penanganan medis itu diperlukan untuk mencegah kekambuhan serta memburuknya kondisi dengan seiringnya waktu.

Guna memastikan apakah Anda itu menderita asam urat, dokter harus melakukan beberapa tes terutama untuk mengukur kadar asam urat serta melihat keberadaan kristal zat itu di dalam sendi. Walaupun sebelum melakukan tes, permulaannya dokter pada umumnya akan menanyakan kepada Anda mengenai hal-hal ini, ialah:

  • Dimana letak sendi yang terasa sakit?
  • Berapa kecepatan gejala berkembang serta berapa kali gejala itu muncul?
  • Apa saja makanan yang memiliki kadar putin tinggi yang bisa jadi Anda konsumsi?
  • Apakah Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman berkadar gula fruktosa tinggi?
  • Apakah Anda sedang menggunakan obat-obatan yang sering memicu penyakit asam urat?
  • Apakah Anda mempunyai riwayat penyakit dengan komplikasi penyakit asam?
  • Apakah keluarga Anda mempunyai riwayat penyakit asam urat?

Dari jawaban Anda berdasarkan pertanyaan itu, nantinya akan dipakai oleh dokter guna mendukung hasil tes yang dilakukan.

Salah satu jenis tes yang dapat mendeteksi keberadaan kristal asam urat yaitu melalui tes cairan sendiri. Dalam tes ini, cairan sinovial di dalam sendi yang mengalami radang memakai jarum sebagai sampel untuk dokter, lalu akan diteliti melalui mikroskop. Bila pasien menderita asam urat, pada umumnya kristal natrium urat kan terlihat di sampel cairan sinovialnya.

Metode pemeriksaan ini pun dapat membantu dokter untuk lebih memastikan gejala tak diakibatkan oleh penyakit lain, contohnya kemunculan rasa nyeri yang tak tertahan dibarengi demam dan gejala septic arthritis disertai gejala pembengkakan.

Dan selanjutnya tes kedua yaitu melakukan pemindaian USG (Ulstrasound). Tes ini kini sedang ramai diperbincangkan dalam penggunaannya dikarenakan dianggap paling sederhana serta aman dalam mendeteksi keberadaan kristal natrium urat di dalam sendi yang mengalami radang atau di dalam lapisan kulit dalam.

Disamping itu, dokter pun bisa jadi membutuhkan tes darah guna mengukur kadar asam urat yang berada di dalam darah. Tes ini pun pada umumnya dilakukan di setengah bulan atau satu bulan pasca terjadinya gejala tersebut.

Alasannya yaitu karena dokter harus menunggu waktu yang terbilang cukup lama dikarenakan sebab level asam urat terbilang turun pada saat serangan berlangsung.

Di dalam metode pemindaian X-ray pada umumnya hanya dipakai oleh dokter bertujuan pengesampingan. Sebab meski kurang mampu dalam mendeteksi keberadaan kristal asam urat yang berada di dalam sendi, metode pemeriksaan ini tetap bisa mendeteksi kondisi lain dengan beberapa gejala yang serupa, misalnya peradangan sendi (chonrocalconosis).

Bila di kondisi lain pun tak dijumpai terkait dengan kerusakan sendi yang ada, maka dokter dapat beranggapan bahwasanya pasien menderita penyakit asam urat.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Sangatlah penting dalam beristirahat dengan cukup selama Anda menderita penyakit asam urat. Angkatlah tungkai Anda serta jangan terkena benturan untuk sendi yang mengalami radang. Untuk membantuk meredakan nyeri bisa mengompres sendi memakai sekantong es selama kurang lebih dua puluh menit. Hindari dalam mengompres lebih dari itu dan menempelkan es secara langsung di kulit dikarenakan bisa merusak kulit.

Segeralah minum obat yang telah diresepkan oleh dokter ketika Anda merasakan serangan penyakit asam urat. Nama obat asam urat resep dokter yang biasanya dipakai dalam meredakan peradangan serta nyeti yaitu kelompok obat anti inflamasi non steroid (OAINS), contohnya etoricoxib, naproxen, diclofenac dan indometasin. Jenis obat tersebut tidak dapat dicari seperti obat asam urat apotik biasanya. Melainkan harus ada resep dari dokter ahli.

Dalam penggunaan OAINS tentunya terdapat efek samping seperti gangguan pencernaan dan sakit maag. Untuk dapat meminimalisir timbulnya efek sampingnya, dokter pada umumnya akan memberikan resep obat PPI (penghambat pompa proton) sebagai penyerta.

Penting untuk mengikuti keseluruhan petunjuk pemakaian yang telah diberikan oleh dokter ahli dalam mengonsumsi OAINS. Obat ini umumnya perlu terus dikonsumsi penyakit asam urat masih belum reda, sampai dua hari sebelum serangan reda guna agar tidak kambuh kembali.

Bila OAINS tidak mampu dalam meredakan gejala asam urat atu Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat ini dikarenakan kondisi tertentu, dokter bisa memberikan resep colchicine untuk pengganti yang juga memiliki khasiat dalam menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

Colchicine sangatlah jarang dalam menyebabkan efek samping. Efek samping seperti diare, mual dan sakit perut pada umumnya timbul diakibatkan obat ini dikonsumsi dengan dosis yang cukup tinggi.

Di kasus penyakit asam urat yang terbilang gejala yang cukup parah yang tak dapat diredakan dengan colchicine atau OAINS, dokter umumnya akan memberikan resep kortikosteroid. Di samping berbentuk tablet, obat ini pun diberikan oleh dokter berbentuk suntikan guna meredakan nyeri dengan cepat.

Bila dipakai dengan dosis rendah serta dalam jangka waktu yang terbilang singkat, kortikosteroid juga sangat jarang mengakibatkan efek samping. Sebaliknya, bila dipakai dalam dosis tinggi serta dalam jangka waktu yang cukup lama, obat ini memiliki resiko yang menimbulkan efek samping, contohnya kenaikan berat badan, penipisan tulang, kulit mudah memar dan otot terasa lemas.

Mencegah Terulangnya Kembali Serangan Penyakit Asam Urat

Makanan yang memiliki kandungan banyak purin bisa meningkatkan kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh serta membuat Anda semakin rentan untuk bisa terserang gejala penyakit asam urat. Maka dari itu, hindarilah makanan semacam itu. Beberapa contoh makanan yang memiliki banyak kandungan purin yaitu ikan yang memiliki banyak kandungan minyak seperti ikan teri, makarel dan sarden, makanan yang memiliki kandungan ragi, daging merah, makanan laut dan jeroan.

Disamping dikarenakan jeroan, kadar asam urat pun dapat meningkat jika Anda terlalu banyak dalam mengonsumsi camilan manis, minuman beralkohol dan minuman manis. Jenis minuman yang terkandung alkohol di dalamnya yaitu seperti vodka, wiski dan bir.

Mengurangi berat badan, bila Anda mempunyai proporsi tubuh yang terbilang kegemukan dikarenakan fisik seperti itu akan membuat Anda rentan untuk terkena serangan penyakit asam urat. Disamping itu, jangan pula mengabaikan pentingnya berolahraga secara cukup supaya tubuh Anda selalu bugar dan sehat.

Bila kebetulan Anda serdang menderita gejala penyakit asam urat, tetapi ingin bisa menjaga kebugaran fisik, hindarilah melakukan olahraga yang bisa memberikan tekanan di sendi yang meradang. Ada baiknya pilih olahraga renang dikarenakan air bisa menopang berat badan,sehingga tak akan membebani sendi yang sedang meradang.

Disamping itu melalui pengaturan makanan, olahraga, berat badan dan minuman, serangan penyakit asam urat dapat dicegah melalui berbagai obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Pada umumnya obat pencegah asam urat diperuntukkan untuk pasien yang seringkali mengalami kambuh ataupun pasien yang telah terkena komplikasi penyakit asam urat. Berikut ini beberapa jenis obat pencegah serangan penyakit asam urat.

  • Allopurinol

    Table yang diminum sehari sekali ini bisa membantu tumbuh dalam menurunkan jumlah asam urat dengan cara memberikan hambatan enzim yang memiliki tugas sebagai pengubah purin menjadi asam urat. Dosis allopurinol bisa disesuaikan untuk bisa memastikan tercapainya dalam penurunan kadar asam urat yang sesuai dengan target, yaitu di bawah 360 umol/L atau 6 mg/dl.Dosis ini pada umumnya kan bisa meningkat sekitar tiap 3 sampai 4 minggu tergantung kepada hasil pemeriksaan darah. Kristal-kristal asam urat di dalam tubuh biasanya akan menghilang secara total dalam kurang lebih 1 sampai 2 tahun pada masa pengobatan.Terkadang serangan asam urat bisa terjadi pada saat Anda pertama kali memakai pengobatan dengan menggunakan allopurinol.Hal ini dikarenakan oleh menyusutnya kristal-kristal yang terdapat di tulang rawan sendi yang diakibatkan kadar asma urat yang sudah berkurang secara drastis sampai di bawah titik jenuh.Kristal yang menyusut itu akan menjadi lebih mudah meloloskan diri dari tulang rawan ke dalam rongga sendi serta pada akhirnya dalam membuat lapisan sendi atau sinovium mengalami radang. Tetapi jangan khawatir atas hal tersebut, dikarenakan hal itu akan berhenti pada saat tubuh Anda sudah benar-benar bersih dari kristal natirum urat.Hal yang terpenting yaitu Anda janganlah menyerah dalam menjalani terapi pengobatan ini demi hasil maksimal. Efek samping yang bisa jadi akibat dari penggunaan allopurinol yaitu sakit kepala, ruam kulit, diare dan gangguan pencernaan. Terutama untuk efek samping ruam kulit, datangi dokter apabila Anda mengalaminya dikarenakan mungkin itu adalah suatu tanda alergi akan obat tersebut.
  • Probenecid

    Obat ini bisa menurunkan kadar asam urat, caranya yaitu melakukan peningkatan kemampuan ginjal yang bertujuan untuk membuangnya. Efek samping yang bisa jadi terdapat sesudah memakai probenecid yaitu resiko  penyakit batu ginjal, ruam kulit dan sakit perut.

Mencegah Asam urat dengan Menggunakan Vitamin C

Berdasarkan suatu penelitian, vitamin C bisa mencegah penyakit asam urat, caranya yaitu melakukan peningkatan kinerja ginjal yang bertujuan membuang asam urat yang terdapat di tubuh kita. Dosis vitamin C yang disarankan yaitu 500 miligram setiap harinya.

Tetapi sebelum Anda mengonsumsi vitamin C, ada baiknya dikonsultasikan dahulu pada dokter dikarenakan dikhawatirkan Anda mempunyai masalah kesehatan yang dapat bertambah parah ataupun bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan menggunakan obat yang tak diperkenankan bersamaan dengan vitamin C.

Komplikasi Penyakit Asam Urat

Terdapat beberapa permasalahan kesehatan lainnya yang dapat muncul diakibatkan penyakit asam urat, apalagi bila kondisi tersebut tidak segera ditangani ataupun tak diobati. Contoh-contoh komplikasi akibat asam urat yaitu diantaranya seperti munculnya beberapa benjolan di bawah kulit yang biasa disebut dengan tofi, penyakit batu ginjal, masalah psikologis dan kerusakan sendi.

Penyakit Batu Ginjal

Asam urat yang berada dalam tubuh dikeluarkan berbentuk air seni yang melalui ginjal. Adakalanya asam urat itu menciptakan beberapa endapan yang berada dalam ginjal, apalagi bila kadarnya yang tinggi. Bila ukuran endapan masih terbilang kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami melewati saluran kemih. Akan tetapi, bila ukurannya itu cukup besar, maka dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal.

Disamping terasa ingin selalu buang air kecil, penderita penyakit batu ginjal pada umumnya akan merasakan sakit ketika buang air kecil sebab terganggunya aliran urine. Bila diabaikan, penyakit ini dapat mengakibatkan infeksi yang berada dalam sistem kemih. Berdasarkan data, kurang lebih 10-25 persen penderita penyakit asam urat turut mengalami permasalahan batu ginjal.

Dokter pada umumnya akan memberikan obat yang bisa membantu melarutkan batu ginjal serta berfungsi menurunkan kadar keasamaan yang terdapat pada urine. Disamping itu, penderita batu ginja pun dianjurkan untuk meminum banyak air guna mengeluarkan beberapa endapan asam urat.

Munculnya Benjolan-benjolan Tofi

Tofi merupakan gumpalan-gumpalan kecil yang memiliki warna putih ataupun kuning di balik kulit yang dapat terbentuk berdasarkan akumulasi kristal asam urat. Benjol tofi pada umumnya muncul di telinga, tumit, lengan, jari tangan, jari kaki, siku dan lutut.

Pada umumnya tofi muncul di penderita asam urat parah atau yang telah lama tak tertangani. Tetapi terdapat pula tofi yang muncul ketika pada orang yang bahkan belum pernah mengalami serangan penyakit asam urat. Walaupun seringkali tak menyebabkan rasa sakit, kegiatan sehari-hari misalnya makan dan berpakaian dapat terganggu bila tofi tumbuh pad ajari tangan.

Kemunculan tofi bisa jadi suatu sinyal bahwasanya pengobatan asam urat tak dapat ditunda lagi dan harus segera ditangani. Bila kadar asam urat telah berhasil diturunkan, tofi akan berangsur-angsur semakin kecil bersamaan larutnya kristal natrium urat. Tetapi sebaliknya bila terus dibiarkan, maka tofi akan bisa semakin membesar serta pada akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit.

Tofi yang meradang itu bahkan dapat pecah serta mengeluarkan cairan yang menyerupai pasta gigi yang berisi campuran nanah serta kristal urat. Segera konsultasikan pada dokter bila tubuh Anda ditumbuhi tofi yang memiliki ukuran besar ataupun terasa menyakitkan. Bila dianggap perlu, dokter akan menanganinya dengan cara pemebedahan yang bertujuan untuk membuang tofi itu.

Kerusakan Pada Sendi

Kristal natrium urat yang semakin menumpuk serta membentuk tofi  di dalam sendi, semakin lama dapat merusak sendi. Bukan suatu yang mustahil bila kerusakan sendi secara permanen dapat terjadi bila kondisi ini tak kunjung ditangani. Bila sendi telah rusak, maka operasi tersebut harus dilakukan oleh dokter ahli guna menggantinya atau memperbaiki.

Masalah Psikologis

Perubahan suasana hati serta stress dapat saja dialami oleh pra penderita penyakit asam urat. Bukan hanya dikarenakan nyeri yang sungguh luar biasa yang dapat dirasakan, namun juga efek dari kondisi ini yang dapat membuat rutinitas sehari-hari dapat terganggu.

Bila diabaikan, maka tak mustahil dapat mengarak terhadap depresi. Maka dari itu, sebelum muncul permasalahan psikologis yang lebih serius, datangi dokter segera bila Anda merupakan penderita penyakit asam urat serta Anda merasakan stress dengan kondisi yang dialami.

Kenapa Pesan Obat Herbal Asam Urat di Kami?

Distributor Obat Herbal Berpengalaman

Sudah lama kami berkecimpung dalam bidang obat herbal. Dan sudah banyak pula yang membeli produk kami ini. Sampai saat ini kami belum pernah menerima komplain yang berat. Walaupun terdapat komplain dari pelanggan, kami akan segera tangani karena merupakan salah satu tanggung jawab kami sebagai distributor obat asam urat alami yang berpengalaman.

Pengiriman Ke Seluruh Indonesia.

Yah, kami melayani pengiriman mulai dari sabang sampai merauke. Kami pun bekerja sama dengan beberapa ekspedisi untuk dapat melakukan pengiriman secara Nasional.

Costumer Service yang Ramah

Pelanggan adalah raja. Mungkin pepatah lama itu sering kita dengar. Tapi memang benar adanya. Kami pun mengutamakan kenyamanan pelanggan, sehingga CS kami sudah terlatih dalam melayani pelanggan agar lebih terbantu dan juga senang akan pelayanan kami.

Obat Asam Urat Alami / Tradisional / Herbal / Ramuan

Obat Asam Urat Alami - Terdapat banyak sekali gejala-gejala yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi, salah satu yang sering terjadi yaitu radang sendi asam urat ataupun yang lebih dikenal istilah gout arthritis. Di keadaan semacam ini maka seseorang memerlukan obat asam urat yang dapat diandalkan.

Seseorang yang menderita penyakit asam urat akan terasa sakit yang amat luar biasa di area sendinya, sering dijumpai rasa sakit tersebut bersamaan dengan pembengkakan serta sendi berubah menjadi berwarna kemerahan dikarenakan proses peradangan yang sedang dialami. Di keadaan radang sendi asam urat semacam itu maka tak boleh dilakukan pemijatan, maka yang dibutuhkan yaitu obat asam urat, serta jika dapat pilihlah obat asam urat alami sehingga efek sampingnya bisa diminimalisir.

Disamping untuk menghindari pantanganasam urat, terdapat banyak sekali ragam pilihan asam urat yang ada di pasaran, baik itu yang berupa tablet maupun yang berbentuk bubuk ramuan jamu, tetapi janganlah memakai sembarangan obat. Maka dari itu senantiasa konsultasikan dengan dokter ahli untuk tiap obat yang akan diminum. Sebagai alternatif yang aman dan bebas dalam mengobati asam urat yaitu obat tradisional asam urat yang berikut ini akan kami uraikan di sini.

Obat Asam Urat Alami / Tradisional

1. Air Dingin

pengobatan asam urat
pixabay.com

Es atau air dingin bisa mengurangi rasa sakit serta pembengkakan, misalnya saja dapat dipakai dalam mengatasi bengkak yang disebabkan trauma. Hal tersebut ternyata bisa juga bermanfaat di dalam mengurangi pembengkakan disertai rasa sakit di asam urat.

- Rendam sendi yang telah membengkak di dalam air dingin kurang lebih 10 hingga 15 menit. Ulangi proses tersebut beberapa kali dalam sehari.

- Anda bisa memakai kompres es selama kurang lebih 15 menit, namun bungkus di dalam handuk sebelum menaruhnya di area yang terkena. Lakukan hal tersebut kurang lebih dua kali sehati. Hindari pula penggunaan secara berlebihan dikarenakan bisa mengakibatkan kristalisasi asam urat.

2. Karbon Aktif

obat tradisional penurun asam urat
pixabay.com

Arang aktif atau yang dikenal dengan istilah karbon aktif bisa menyerap asam urat, maka dari itu, bisa dengan aman dipakai dalam pengobatan asam urat.

Campurkanlah setengah cangkir serbuk arang dengan air hingga membentuk pasta. Masukanlah pasta di bak mandi serta menambahkannya lebih banyak air. Rendam di bagian tubuh yang terkena asam urat sekurang-kurangnya selama 1/2 jam. Obat asam urat alami ini merupakan suatu solusi yang baik untuk gout di sendi pergelangan kaki ataupun di area kaki.

3. Apel

tanaman obat asam urat
pixabay.com

Apel populer dengan sebutan buah sehat, kebiasaan sehat tersebut merupakan makan seminimal-minimalnya satu apel di dalam satu hari, khususnya jika anda mempunyai penyakit asam urat.

Para ahli menganjurkan makan apel sesudah makan. Kandungan asam malat yang terdapat di dalam apel bisa membantu di dalam menetralkan asam urat yang terdapat dalam tubuh serta bisa mengurangi rasa sakit dan juga peradangan. Bila Anda tak menyukai apel, Anda bisa mencoba mengolahnya menjadi jus apel.

4. Pisang

obat asam urat alami dari tumbuhan
pixabay.com

Buah pisang ternyata dapat dipakai sebagai obat asam urat dikarenakan kandungan kalium (potassium) yang cukup tinggi sehingga bisa mengubah kristal asam urat yang telah mengendap di daerah sendi menjadi cair serta dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Disamping itu pisang pun kaya akan vitamin C yang memiliki peran di dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan. Makanlah 1 hingga 2 buah pisang setiap harinya, lalu perhatikan apa yang akan terjadi.

5. Ceri

jenis tanaman obat asam urat
pixabay.com

Ceri manis atau asam ternyata bisa membantu untuk mengobati asam urat dikarenakan memiliki sifat antioksidan. Kandungan anthocyanin yang terdapat di buah ceri bisa mengurangi peradangan dan meminimalisir kekambuhan gout. Langkah-langkah dalam pembuatannya yaitu sebagai berikut:

- Bagi penderita gout, disarankan untuk mengkonsumsi 15 hingga 20 ceri disetiap harinya.

- Cara lain untuk mengkonsumsinya yaitu buatlah olahan segelas jus ceri hitam tiap hari. Anda pun bisa memberikan tambahan beberapa siung bawang putih yang telah dicincang di dalamnya.

6. Madu Hitam

obat herbal asam urat
pixabay.com

Madu hitam dipercaya dalam mengobati asam urat tinggi dengan alami sehingga tak merusak fungsi ginjal serta organ tubuh lainnya.

7. Jahe

obat asam urat tradisional
pixabay.com

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui Jahe itu bersifat anti-inflamasi, sehingga tidak sedikit orang yang memakai jahe sebagai obat asam urat terutama di peradangan sendi gout. Berikut ini beberapa cara pengolahannya:

- Potonglah jahe dengan ukuran kecil, kemudian rebus dengan memakai air secukupnya hingga mendidih, kemudian setelah di rasa telah hangat ataupun dingin minumlah sedikitnya dua kali dalam satu hari.

- Anda pun bisa memberikan tambahan jahe di dalam resep masakan ataupun makanan kecil, satu potong baku jahe tiap harinya.

- Anda pun bisa memberikan 1 1/2 sendok teh jahe untuk satu cangkir air mendidih serta aduk dengan baik. Minumlah larutan tersebut sedikitnya sat kali dalam satu hari.

- Cara pengolahan lainnya yaitu dengan membuat pasta dari jahe dengan sedikit air, lalu pasta ini ditempelkan di daerah yang terasa sakit. Biarkan kurang lebih 1/2 jam. Lakukan hal tersebut satu kali dalam satu hari.

8. Jus Lemon

obat asam urat alami
pixabay.com

Jus lemon yang segar dapat menjadi obat asam urat dengan cara mengurangi rasa sakit dikarenakan hal ini berguna di dalam menetralkan kelebihan asam urat di dalam aliran darah. Untuk bisa mencapa tujuan tersebut, bisa dilakukan dengan mudah ialah jus lemon segar yang ditambahkan baking soda. Selain jus lemon, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan lainnya yang tinggi akan vitamin C dalam memperkuat jaringan tubuh.

- Campur jus lemon dengan kurang lebih 1 1/2 sendok teh baking soda. Lalu diamkan selama beberapa detik hingga busa menghilang, kemudian campurkan di dalam satu gelas air.

- Segeralah di minum.

9. Baking Soda

obat asam urat alami
pixabay.com

Asam urat yang sudah cukup tinggi serta mengendap di sendi akan mengakibatkan peradangan di sendi (gout). Baking soda bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan memberikan bantuan di dalam mengurangi rasa sakit. Berikut ini beberapa cara pembuatannya.

- Campurkan satu setengah sendok teh baking soda di dalam segelas air.

- Minumlah campuran ini selama 4 kali dalam sehari (tak boleh lebih)

- Lakukanlah hingga dua minggu.

Untuk yang telah berusia di atas 60 tahun, tak boleh minum lebih dari tiga kali dalam satu hari. Hati-hatilah bagi yang mempunyai darah tanggi.

10. Apple Cider Vinegar

obat asam urat dan rematik
pixabay.com

Disamping populer di dalam membantu mengobati sakit kepala serta asam lambung, cuka sari apel pun dapat dipakai dalam mengobati asam urat serta rematik. Keasaman di dalam cuka sari apel bisa membantu dalam mengurangi rasa sakit akut. Madu pun dapat ditambahkan dalam meningkatkan respon anti-inflamasi dikarenakan peradangan yang telah terjadi.

- Campurkanlah satu sendok teh cuka sari apel mentah, tanpa melalui filter di dalam satu gelas air.

- Minumlah dua hingga tiga kali dalam satu hari.

Kesimpulannya yaitu untuk Anda yang terkena gout atau radang sendi asam urat. Pilih obat asam urat alami dalam membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan. Dan ingat, tidak pakai obat yang instan. Kesabaran dan tekad sangatlah dibutuhkan dalam mengobati asam urat.