8 Obat Panu Tradisional dan Alami yang Ampuh

Obat Panu Tradisional – Untuk Anda yang sedang terkena panu, Anda harus mencoba macam-macam pilihan obat panu tradisional yang mujarab berikut ini. Terkena penyakit panu tentulah dapat menjadikan anda kurang merasa percaya diri. Karena panu sering menyerang wilayah kulit yang bisa terlihat dari luar, contohnya di kaki, tangan, leher, wajah dan lain sebagainya.

Bila seseorang mempunyai panu maka umumnya muncul pendapat bahwasanya orang itu kurang dalam menjaga kebersihan ataupun jorok. Hal tersebut pastinya sangat membuat Anda malu.

Disamping dapat menurunkan rasa kepercayaan diri, terkena panu pun dapat mengakibatkan rasa yang tak nyaman, umumnya bisa berupa gatal di area kulit yang terkena panu. Disamping menyerang wilayah kulit yang dapat dilihat dari luar, panu pun bisa tampak di wilayah lain di seluruh tubuh contohnya paha, pinggang, dada, punggung dan lain sebagainya.

Panu ataupun di dalam bahasa medis disebut dengan tinea versicolor merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Jamur yang mengakibatkan panu ialah candida albicans. Tampaknya panu ciri ialah dengan terdapatnya beberapa bercak putih di kulit. Panu bisa menyebar dari  satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain serta bisa menular ke orang lain juga.

Jamur dapat tumbuh karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor itu diantaranya ialah dikarenakan suhu udara yang lembab secara berlebih atau terlalu lembab, produksi keringat pada tubuh berlebih terjadi diakibatkan udara panas yang berlebih ataupun terlalu banyak melakukan aktifitas fisik, gesekan sesama kulit, khususnya di bagian paha serta pemakaian handuk yang dipakai secara berlebih bisa memicu penularan panu. Disamping itu munculnya jamur pun bisa dipicu sebab kurangnya di dalam menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan pakaian maupun badan.

Macam-macam Obat Panu Tradisional Alami yang Ampuh

obat panu alami
hellosehat.com

Cara mengobati panu, Anda bisa memakai obat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di alam, ataupun yang sering disebut dengan obat tradisional. Obat tradisional ini diyakini sangat efektif di dalam menghilangkan panu dan juga pastinya aman untuk tubuh tanpa menyebabkan efek samping. Berikut ini macam-macam obat panu tradisional yang bisa Anda coba untuk mengobati panu yang Anda derita.

1. Daun Ketepeng

obat panu alami yang diminum
khasiat.co.id

Daun ketepeng adalah salah satu jenis dari sekian jenis tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, terutama di dalam mengobati panu. Langkah-langkah dalam pembuatan obat panu tradisional yang berbahan dasar daun ketepeng ialah persiapkan kurang lebih 30 gram daun ketepeng segar serta kapur sirih secukupnya.

Baca Juga: Obat Penguat Kandungan Alami dan Kimia Beserta Efek Sampingnya

Cucilah hingga bersih daun ketepeng, kemudian ditumbuk sampai halus serta beri tambahan kapur sirih secukupnya. Sesudah itu gosokkan di wilayah kulit yang terkena panu dan juga lakukanlah secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Daun Pare

obat panu alami
khasiat.co.id

Pare yang pada umumnya dipakai untuk bahan dasar sayur, ternyata daunnya bisa dipakai untuk obat panu tradisional yang efektif. Zat yang terdapat di dalam pare ampuh untuk membunuh jamur-jamur penyebab panu.

Cara mengobati panu dengan memakai bahan dasar daun pare ialah persiapkan daun pare secukupnya, kemudian tumbuh hingga halus. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, bisa berikan campuran kapur sirih ke dalam hasil tumbukan daun pare tersebut. Lalu oleskan ramuan tersebut di area kulit yang terkena panu.

3. Cuka Apel

obat panu paling ampuh tradisional
cukaapeltahesta.org

Cuka pun bisa Anda pakai untuk obat panu tradisional. Langkah-langkahnya ialah persiapkan satu sendok teh cuka apel, lalu dioleskan secara merata di kulit yang terkena serangan penyakit panu. Lalu tunggulah beberapa saat agar dapat meresap. Lakukanlah langkah-langkah ini secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari supaya panu yang menyerang Anda bisa segera hilang.

4. Lidah Buaya

obat panu tradisional paling ampuh
blogspot.com

Obat panu tradisional selanjutnya ialah dengan memakai lidah buaya. Lidah buaya (aloevera) adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Tak hanya bisa mempercantik rambut dan kulit, ternyata lidah buaya pun sangat ampuh dalam mengobati panu.

Caranya ialah Anda hanya harus mempersiapkan satu batang lidah buaya, kemudian di belah menjadi dua. Lalu ambillah gel atau lendir yang keluar dari belahan batang lidah buaya  serta olesi wilayah kulit yang terserang panu. Lalu diamkan beberapa saat hingga kering lalu bilas memakai air hangat yang bersih.

5. Kapur Sirih dan Belimbing Wuluh

obat panu paling ampuh dan cepat sembuh
khasiat.co.id

Campuran antara kapur sirih dan belimbing wuluh pun bisa dipakai untuk obat panu tradisional. Campuran kapur sirih dan belimbing wuluh adalah kombinasi vitamin C serta mineral yang efektif dalam membasmi jamur penyebab panu.

Langkah-langkahnya ialah persiapkan satu buah belimbing wuluh, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambillah kapur sirih secukupunya saja, lalu tambahkan pada belimbing wuluh yang telah ditumbuk tadi. Selanjutkan olesi bagian yang terkena panu dengan memakai ramuan ini secara menyeluruh hingga mengering. Diamkan beberapa saat agar bisa meresap, kemudian bila dengan memakai air bersih.

6. Lengkuas

obat panu paling ampuh rumah
infoherbalis.com

Lengkuas memiliki kandungan senyawa amilum, flavanoid dan kuersetin sehingga dikenal untuk obat panu tradisional paling ampuh. Langkah-langkah pembuatanya sangatlah mudah, persiapkan 1 lengkuas lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian pergunakan bagian dalam pada lengkuas untuk digosokkan di kulit yang sedang menderita panu. Supaya hasilnya lebih maksimal, maka Anda bisa memberikan tambahan sedikit garam serta belahan lengkuas.

Gosokkanlah di area yang terserang penyakit panu hingga kulit memerah serta terasa sedikit perih, Diamkan beberapa saat supaya kandungan di dalam lengkuas serta garam bisa meresap dengan baik. Lakukanlah cara ini sebanyak 3 kali sehari maka panu yang Anda derita akan bisa segera menghilang.

7. Belerang dan Jeruk Nipis

obat panu paling mujarab
blogspot.com

Cara mengobati panu pun bisa memakai belerang dan jeruk nipis. Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis serta mineral dalam belerang sangatlah efektif untuk membasmi jamur penyebab panu. Langkah-langkah pembuatannya ialah sediakan belerang seukupnya serta tumbuh hingga halus.

Kemudian beri campuran perasan jeruk nipis ke dalam belerang yang sudah dihaluskan sebeumnya, aduk sampai rata. Sesudah kedua bahan tercampur, beri olesan di wilayah kulit yang terkena penyakit panu. Lakukanlah cara ini secara rutin agar bisa mengobat panu, ialah 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

8. Bawang Putih

obat panu tradisional
hellosehat.com

Bawang putih seringkali kita jumpai sebagai salah satu bahan dasar bumbu dapur. Kenyataannya bawang putih bisa dipakai untuk obat panu tradisional yang efektif. Bawang putih memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga ampuh dalam mengobati panu.

Lihat Juga: Obat Gusi Berdarah dan Bengkak Secara Alami

Caranya ialah ambil satu siang bawang putih, kemudian belah menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bagian dalam bawang putih di wilayah yang menderita panu hingga kulit memerah. Memang akan terasa agak perih, tahanlah sebentar untuk kesembuhan panu Anda.

Sesudah perihnya hilang, gosokkanlah kembali bawang putih sampai kulit menjadi merah serta terasa sedikit perih kembali. Lalu diamkan sejenak hingga sari bawangnya dapat meresap dengan baik sehingga bisa membasmi jamur penyebab panu.

Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat

cara menghilangkan panu
hellosehat.com

Karena bisa mengganggu rasa kepercayaan diri serta menyebabkan ketidaknayamanan. Ada baiknya Anda segeralah melakukan langkah-langkah efektif dibawah ini untuk bisa menghilangkan panu, yaitu sebagai berikut:

1. Hindarilah Pakaian Ketat

Cara menghilangkan panu yang pertama yaitu dengan tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, sebab bila area yang terinfeksi terdapat di bagian tubuh tertentu, contohnya di lipat paha atau selangkangan, lipatan payudara serta lain sebagainya.

Gunakanlah pakaian yang berbahan dasar katun yang breathable supaya kulit dapat bernafas serta mengurangi produksi keringat.

2. Mengubah pil KB

Karena panu pun mungkin adalah efek samping dari pemakaian pil KB, maka dari itu segeralah untuk mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter. Bisa jadi jenis pil KB yang Anda gunakan itu tidak cocok. Maka dokter akan menggantinya dengan metode kontrasepsi agar bisa mencegah kehamilan yang baik untuk Anda.

3. Memakan Makanan yang Bergizi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya salah satu penyebab panu ialah lemahnya sistem imun pada tubuh, maka bagi Anda yang menderita panu haruslah memperkuat kekebalan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pada saat daya tahan tubuh baik, maka sistem pertahanan tubuh pun akan membantu untuk menghilangkan panu pada kulit.

4. Jauhilah Produk yang Memiliki Kandungan Minyak

Sebab jamur sangat senang tinggal di kulit berminyak dan lembab, maka jauhi atau mengurangi pemakaian produk ataupun kosmetik yang mengandung minyak agar kondisi kulit tidak semakin menjadi-jadi.

5. Aplikasikanlah Sunscreen Tiap Kali Ingin Keluar Rumah.

Sebenarnya tidak hanya ketika terserang panu saja, tetapi sebaiknya Anda memang senantiasa memakai sunscreen sebelum ingin keluar rumah. Tetapi, terutama untuk Anda yang menderita panu, pastikanlah guna melindungi kulit dari sinar matahari agar warnanya tidak semakin pudar.

6. Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan panu. Bahan alami mempunyai keunggulan yaitu hanya menyebabkan efek samping ringan, bahkan tak terdapat sama sekali. Maka dari itu metode ini akan lebih cocok diterapkan di kulit-kulit yang sensitif, contohnya digunakan untuk menghilangkan panu pada wajah.

7. Meminum Obat Panu

Tidak hanya dengan menggunakan krim oles atau obat topikal saja, namun ada saatnya Anda pun harus meminum obat, contohnya memiliki kandungan Itraconazole atau Fluconazole. Tapi tak seluruh kasus, obat minum hanyalah dipakai pada saat terdapat banyak sekali panu di kulit tubuh ataupun terkena panu secara berulang.

Pada umumnya pengobatannya berhasil, tetapi warna kulit belum bisa kembali seperti normal. Biasanya, butuh waktu, kurang lebih beberapa minggu ataupun bulan supaya warna kulit bisa kembali menjadi semula.

8. Membeli Produk Anti-Jamur

Tergantung pada bagian tubuh mana yang terserang penyakit panu, maka Anda bisa membeli produk semisal sampo, losion, ataupun krim yang terdapat label anti-jamur untuk bisa menyembuhkannya. Terdapat beberapa obat yang tersedia di apotik serta dapat diperoleh tanpa menggunakan resep dokter, tetapi sebagiannya harus memakai resep dokter.

Pergunakanlah obat salep panu yang memiliki kandungan Selenium sulfide, Ketoconazole, Terbinafine, Miconazole, Clotrimazole atau Ciclopirox. Pemakaian sabun yang terdapat kandungan Zinc Pyrithione secara rutin pun adalah salah satu cara yang bisa dicoba dalam menghilangkan panu dengan cepat.

Anda pun bisa mencegah atau menghilangkan panu dengan cara mengoleskan pada kulit yang terkena panu dengan memakai sampo. Diamkanlah kurang lebih 10 menit sebelum dibilas.

Sebelum memakai losion, salep atau krim cuci serta keringkanlah wilayah yang terkena infeksi. Sesudah itu oles secara tipis 1 hingga 2 kali sehari kurang lebih 2 minggu lamanya. Serta agar pemakaian sampo memberikan dampak yang maksimal, janganlah langsung dibilas sesudah memijatkannya pada rambut, diamkanlah kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Jika panu tak kunjung sembuh atau menghilang setelah sekitar 1 bulan, maka segera datang ke dokter ahli, karena itu kemungkinan Anda memerlukan dosis obat lebih keras.

Itulah sedikit informasi mengenai obat panu tradisional. Semoga dapat bermanfaat.