7 Obat Sakit Perut Melilit Secara Alami Beserta Cara Mengobatinya

Obat Sakit Perut Melilit – Apakah Anda termasuk orang-orang yang sering mengalami sakit perut melilit? Berikut ini artikel mengenai obat sakit perut melilit, semoga dapat membantu Anda. Sakit perut melilit adalah suatu pertanda bahwa ada masalah di dalam sistem pencernaan. Keadaan ini bisa timbul secara tiba-tiba, ibaratkan sebuah serangan yang secara mendadak menghampiri Anda. Pada umumnya bila sakit ini timbul, maka penderitanya akan terganggu kenyamanannya.

Orang yang menderita sakit perut melilit umumnya akan terasa nyeri pada bagian perutnya, rasanya seperti diremas-remas, badan pun terasa tak nyaman, tubuh juga akan mengeluarkan keringat dingin, sulit untuk tidur, badan lesu dan lemas, serta sulit untuk berkonsentrasi. Nafsu makan makan juga cenderung menurun di saat menderita sakit perut melilit, sehingga berisiko menderita kekurangan gizi dan nutrisi.

Sakit perut melilit adalah suatu pertanda umum yang diderita oleh penderitanya, sehingga akibatnya bisa beraneka ragam. Faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya sakit perut melilit yaitu diantaranya rasa nyeri ketika pada saat datang bulan, usus buntu, sembelit (konstipasi), disentri, diare, sakit maag dan sebagainya.

Sakit perut melilit sering juga diiringi dengan tanda-tanda lainnya yaitu sakit kepala, sering bersendawa, rasa ingin Buang Air Besar (BAB), kembung, muntah, mual dan banyak lagi keluhan lainnya yang sungguh mengganggu kenyamanan Anda. Kondisi ini terdapat yang ringan, bahkan ada pula yang menjadi berat. Sakit perut melilit yang bersifat berat umumnya terjadi secara kronis, ialah sakit yang diderita alam waktu yang terbilang lama dan sering menyebabkan kekambuhan.

Macam-macam Obat Sakit Perut Melilit Alami Tradisional

obat sakit perul melilit
rosannadavisonnutrition.com

Cara mengobati sakit perut melilit bisa memakai obat-obatan yang berbahan dasar alami ataupun yang biasa disebut dengan obat tradisional. Obat yang berbahan dasar alami ini mudah dijumpai di sekeliling Anda serta khasiatnya sudah terbukti sejak lama. Obat alami tentunya lebih aman dikarenakan tidak mengakibatkan efek samping serta pastinya harganya lebih terjangkau. Berikut ini Macam-macam obat sakit perut melilit tradisional dari bahan-bahan alami yang ampuh, yaitu diantaranya:

1. Minyak Kayu Putih

obat perut kembung tradisional
unsplash.com

Minyak kayu putih dipakai untuk obat sakit perut melilit dengan cara dioles. Minyak kayu putih cocok dipakai untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dengan memakai minyak kayu putih tentunya lebih praktis, dikarenakan minyak kayu putih mudah ditemukan di toko-toko ataupun apotik terdekat. Minyak kayu putih memiliki kandungan zat alami yang bisa mengatasi sakit perut serta masuk angin. Caranya ialah dengan mengoleskannya ke area perut serta sesekali bisa dihirup untuk menjadi aroma terapi.

2. Jeruk Nipis dan Minyak Telon

cara mengobati sakit perut
unsplash.com

Sama halnya dengan minyak kayu putih, jeruk nipis serta minyak telon pun bisa dipakai untuk menjadi obat sakit perut yang dipergunakan dengan cara dioles. Cara mengobati sakit perut dengan memakai minyak telon dan jeruk nipis sangat cocok dipakai khususnya untuk anak-anak. Karena anak-anak juga sangat rentan terkena keluhan sakit perut melilit, baik dikarenakan masuk angin maupun diare atau kembung.

Minyak telon dan jeruk nipis akan terasa hangat pada perut dan dapat mengurangi ketegangan pada otot perut. Caranya sangat mudah ialah dengan mempersiapkan satu buah jeruk nipis, dibelah, lalu diperas untuk diambil hasil perasan jeruk nipis tersebut. Lalu oleskan perasan jeruk nipis di area perut lalu dibarengi dengan mengoleskan minyak telon.

3. Yogurt

cara mengatasi perut buncit
unsplash.com

Obat sakit perut melilit selanjutnya ialah yogurt. Rasa yang enak serta menyegarkan  menjadikan yogurt sebagai obat sakit perut melilit yang bisa jadi disukai anak-anak. Yogurt adalah sebuah minuman yang terbuat dari bahan dasar susu fermentasi. Proses fermentasi susu ini memakai bantuan bakteri baik yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh kita.

Maka dengan memakan yogurt, jumlah bakteri baik yang terdapat di dalam lambung ataupun usus bisa bertambah jumlahnya, maka bakteri jahat yang ada pada tubuh bisa dilawan. Bila Anda menderita sakit perut melilit, Anda pun bisa mengobatinya dengan cara mengkonsumsi yogurt sebanyak 2 kali setiap harinya.

4. Akar Bunga Teratai

obat sakit perut anak
rohmatchemistry.staff.ipb.ac.id

Obat sakit perut alami yang selanjutnya ialah dengan memakai akar bunga teratai. Pastinya Anda tak merasakan kesulitan untuk menjumpai tanaman yang satu ini dikarenakan cukup banyak sekali tumbuh baik di perkotaan ataupun di pedesaan.

Cara membuat racikannya ialah persiapkan akar bunga teratai sekitar 50 gram, lalu cucilah sampai bersih. Haluskan akar bunga teratai hingga halus kemudian disaring untuk bisa diambil airnya. Kemudian itu minumlah racikan akar bunga teratai tersebut kurang lebih 2 kali sehari untuk bisa mengobati sakit perut melilit.

5. Daun Jambu Biji

sakit perut saat buang air besar
blogspot.com

Daun jambu biji pun memiliki khasiat untuk menjadi obat sakit perut melilit, khususnya yang diakibatkan diare atau mencret. Daun jambu pun sering kali digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan obat diare atau sakit di pencernaan yang diolah sedemikian modern. Cara membuat obat herbal jambu biji secara alami, langkah-langkahnya sangat mudah.

Persiapkan beberapa helai daun jambu biji dan dimasukkan ke dalam panci sudah diisi 2 gelas air, kemudian rebuslah hingga airnya tersisa kurang lebih setengahnya. Kemudian itu saringlah untuk diambil airnya serta minum ramuan jambu biji itu secara rutin kurang lebih 2 kali dalam sehari maka sakit perut melilit yang Anda alami akan dengan segera pulih.

6. Kunyit

sakit perut bagian tengah
unsplash.com

Kunyit merupakan tanaman herbal yang populer memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa dipakai untuk menjadi obat sakit perut melilit. Khasiat kunyit telah populer secara turun-menurun dari zaman nenek moyang serta telah banyak penelitian ilmiah yang menelitinya.

Cara membuatnya yaitu persiapkan 1 ruas kunyit kemudian dikupas serta dicuci hingga bersih. Lalu kunyit yang telah dikupas itu diblender ataupun bisa pula diparut, selanjutnya diperan untuk bisa diambil airnya. Campurkan air perasan kunyit tadi di setengah air matang yang hangat, serta tambahkanlah gula atau madu secukupnya untuk menjadi pemanis saja. Kemudian sesudah itu minum ramuan kunyit itu secara teratur 2 kali sehari.

7. Jahe

obat sakit perut tradisional
hellosehat.com

Jahe adalah tumbuhan herbal alam yang telah dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk khasiat untuk menjadi obat sakit perut melilit. Ramuan ini pun bisa menyegarkan tubuh Anda serta dapat meningkatkan stamina.

Cara pembuatannya ialah siapkan satu ruas jahe yang telah dicuci hingga bersih, kemudian digepuk sedikit agar aromanya keluar serta masukkanlah di satu gelas yang berisi air panas. Beri tambahan madu ataupun gula secukupnya untuk pemanis saja. Minumlah ramuan jahe ini mumpung masih panas. Konsumsi secara rutin 2 kali sehati agar bisa menyembuhkan sakit perut melilit.

Cara Mengobati Sakit Perut Menurut Dokter

penyebab sakit perut melilit
http://c.fastcdn.co

Langkah Pertama: Tentukanlah Apakah Terdapat Pertanda Bahaya

Pada saat sakit perut melilit berlangsung, maka cobalah perhatikan untuk memeriksakan apakah terdapat pendarahan dari anus (rektum) ataupun pendarahan dari jalan lahir (untuk wanita) serta ukur suhu tubuh menggunakan termometer. Pendarahan serta demam adalah pertanda bahwa sakit perut melilit Anda adalah masalah yang serius, semisal infeksi, penyumbatan usus, kehamilan ektopik atau keguguran. Bila Anda menderita kondisi seperti ini, maka carilah pertolongan medis.

Langkah Kedua: Kompres Hangat

Rasa sakit melilit pada perut dapat berlangsung dikarenakan ketegangan otot-otot organ dalam atau dinding perut, maka dari itu istirahatlah sebentar dalam keadaan berbaring sembari mengompres perut yang merasakan sakit dengan memakai bantal pemanas ataupun botol yang berisikan air hangat. Lakukanlah hal tersebut kurang lebih 15 hingga 20 menit. Tindakan tersebut bertujuan untuk merelaksasikan otot-otot tegang serta melancarkan aliran darah.

Langkah Keempat: Konsumsi Obat Pereda Rasa Nyeri

Obat-obatan pada umumnya dipakai sebagai pereda nyeri itu seperti naproxen atau ibuprofen yang biasanya digunakan untuk obat sakit perut melilit pada kasus yang ringan. Obat ini bisa meringankan gejala-gejala  serta peradanngan bila kolik diakibatkan karena diare (gastroenteritis) ataupun didiagnosis kolitis ulserativa dan radang usus (penyakit Crohn). The University of Maryland Medical Center memberikan sebuah peringatan haruslah berhati-hati sebelum memakai ibuprofen dan juga penghilang rasa sakit lainnya bila sakit perut melilit tak diketahui penyebabnya.

Langkah Kelima: Konsumsilah Obat Sakit Perut Melilit yang Mujarab

Bila sakit perut melilit sudah tidak tertahankan lagi, biasanya penderita hingga tak bisa jalan ataupun hanya berbaring dengan cara menekuk tubuh menunjukkan area yang merasakan sakit. Hal ini umumnya disebut dengan kolik abdomen, untuk pertolongan awal dapat memakai obat antispasmodik yang memiliki kandungan ekstrak belladona serta papaverin, contohnya yaitu obat spasminal, spasmal serta lainnya.

Obat-obatan sakit perut melilit memiliki fungsi menjadikan otot polos di organ-organ dalam itu relax. Tetapi harus lebih berhati-hati dalam pemakaiannya dikarenakan terdapat efek samping yang perlu diwaspadai, maka dari itu tetap HARUS MEMAKAI RESEP DOKTER.

Langkah Keenam: Obat Pencahar

Cobalah obat pencahar, namun obat ini dipakai bila menderita sakit perut yang ringan serta tak buang air besar di dalam beberapa hari dikarenakan mungkin penyebabnya ialah konstipasi sebab feses yang mengeras serta susah untuk dikeluarkan.

Di samping itu, makanlah makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, contohnya yang ada di dalam buah-buahan serta sayuran, dan jangan lupa pula meminum cairan tambahan dikarnakan hal ini sangatlah berfungsi dalam mencegah serta mengobati sembelit dan juga sakit perut melilit.

Langkah Ketujuh: Lakukan Gerakan Ringan

Bila rasa sakit tak begitu hebat serta bisa ditahan, maka pergilah untuk melakukan gerakan ringan, tujuannya yaitu agar bisa melancarkan jalannnya pencernaan atau bila pula tak memungkinkan untuk berjalan, Anda dapat mandi memakai air hangat sebagai penggantinya. Di dalam beberapa kasus, langkah-langkah ini untuk sementara bisa meringankan rasa sakit perut melilit, khususnya bila hal itu diakibatkan oleh timbunan gas di dalam usus.

Langkah Kedelapan: Aturlah Pola Makan

Makanlah dengan porsi kecil, hindarilah mengkonsumsinya dalam jumlah banyak serta hindari pula beberapa jenis makanan pantangan semisal makanan yang memiliki rasa asam, makanan pedas, susu serta cokelat, gandum, alkohol dan juga kafein, yang secara keseluruhan bisa menimbulkan sakit perut melilit pada sejumlah orang, contohnya penderita maag, sindrom iritasi usus, ataupun intoleransi laktosa.

Perhatian:

  • Sakit perut melilit ataupun kram yang terbilang parang yang diderita ibu hamil bukanlah suatu kondisi yang normal, maka dari itu cepatlah hubungi dokter, bila Anda sedang hamil sekaligus menderita kram pada perut.
  • Baru ginjal ataupun empedu sering kali menjadi penyebab rasa nyeri pada perut melilit bagi orang dewasa. Maka dari itu, bila Anda menderita sakit perut melilit dibarengi dengan rasa sakit yang menjalar hingga ke pinggang ataupun punggung serta terasa lebih susah bernafat, maka dengan cepat periksakan ke dokter untuk memeriksakannya secara lebih lanjut.

Artikel Lain: Obat Panu Tradisional dan Alami yang Ampuh

Tak seluruh kasus membutuhkan obat sakit perut melilit, bila dengan penanganan awal yang cukup sederhana dapat teratasi ataupun meringankan gejala, maka tak butuh mengkonsumsi obat. Tetapi sebaliknya, bila kondisinya tetap seperti itu maka lebih baik dengan segera periksakan diri. Demikian sedikit informasi mengenai obat sakit perut melilit, semoga dapat bermanfaat.